07 April 2009

Kenali masalah komputer sering restart sendiri

Anda yang punya komputer pasti pernah mengalami hal ini, dimana komputer sering restart sendiri, terkadang kalau kita tidak ingin repot jalan pintasnya ya langsung datang ke service komputer atao kalo yang rada punya otak ya coba-coba keberuntungan install ulang sendiri. Namun kadang wlau kita sudah instal ulang tetep ake tuh komputer suatu ketika mengalami hal yang sama. Dan pemikiran kita pasti " Wah pasti kena virus, Eits jangan beranggapan positif dulu, jangan hanya gara-gara masalah satu ini kita salahkan virus komputer yang memang sih juga banyak punya tanda-tanda demikian, contohe ya trojan virus hehehe.
Kalo masalah pada software mungkin bisa dengan mudah kita atasi, bagaimana jika masalahnya justru pada perangkat keras komputer kita? nah lagi-lagi di wilayah waykanan, biasanya orang-orangnya pada ndak mau ambil pusing, langsung panggil orang yang katanay pinter masalah komputer, trus tuh PC dibawa dah, paling cepet 3 hari kelar. Eits.. lagi-lagi tunggu dulu, Orang tua saya punya pengalaman yang buruk tentang sartu itu, hati-hati kadang tukang service komputer di waykanan justru memanfaatkan ketidak tahuan kita untuk meraup keuntungan. Lagian juga belum tentu kok mereka ngarti, paling kalo sampe mumet juga, tuh komputer kita di bawa ke tempat service lain, biasanya dibawa ke kotabumi. tru sndak mau kan udah keluar ongkos besar, tanpa kita tau komponen komputer kita diganti (pengalaman Ortu saya RAM 256 diganti 128)

Trus piye solusinya? mari sama-sama kita cari pemecahannya. Dari pengalaman saya, Komputer sering restart bisa disebabkan 3 kemungkinan:
  1. Masalah system[software], dalam hal ini penyebabnya karena virus, ada driver ato software yg gk suppot. Karena virus===>walaupun sudah diinstal berkali2 kadang virus masih tertanam di drive lain, di komputer kita, misalnya drive D atau E, atau pada system volume information, biasanya virus luar/lokal. Untuk memastikan kalau penyebabnya adalah virus atau bukan lebih cepat & gampang gunakan XPLIVE/BartPE. Kalau aman2 saja berarti ada kemungkinan besar karena virus. Kalau masih sering restart====>berarti gk ada kesalahan dalam system, dugaanselanjutnya ada masalah di hardwarenya
  2. Pada hardware banyak sekali kemungkinan yang menjadi penyebab. Bisa karena Ram, vga, hardisk, dll. untuk mengeceknya coba dech di cek satu persatu ke kompi teman yg suppotr hardware komputer anda. Untuk pertama kali cek dulu ramnya dengan pasang ram baru atau gunakan ram anda ke komputer lain.
  3. Hardist bad sector.biasanya hardisk yang kapasitasnya besar kadang lebih rawan bad sector. Efek dari bad sector: ya bisa compy sering restart sendiri,l oding lambat, (LOLA), pas masuk Windows kadang muncul blue screen[sama ketika RAM Troble].
Kesimpulan, dari semua yang ude ku jelasin, ya kembali kita emang kudu cek satu persatu,ndak bisa langsung ambil kesimpulan tanpa adanya pengecekan.

1 komentar: